"KPK" Kungmania Pondok Kopi

Pedoman Penilaian Konkurs

Administrator | Sabtu, 10 April 2010 - 22:46:50 WIB | dibaca: 22048 pembaca

Pedoman Penilaian Konkurs

Sistim penilaian atau penjurian konkurs/lomba perkutut diatus dalam AD/ART hasil Konggres P3SI tahun 1994 di Jakarta. Pada dasarnya sistim ini tidak banyak berubah dari pakem-pakem ( aturan dasar ) yang telah ada sebelumnya. Hanya ada sedikit tambahan kriteria penilaian dari yang sebelumya yang dinilai hanya pada suara depan, tengah dan ujung/belakang  sekarang ditambah dasar suara dan irama.

             Kelima dasar penilaian tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :

 1.      Angkatan ( suara depan ).

      Perkutut yang mempunyai suara depan panjang ( klauu, kleoo, klaoo, weoo), mengalun dan menjerit, termasuk kategori baik dan bernilai tinggi. ( Tarikan pendek seperti huur, uuu dan hoo, tidak baik dan tidak masuk hitungan ).

2.    Suara Tengah

Perkutut yang mempunyai suara tengah “ ke-tek “ yang jelas, bukan hanya “ke” atau “tek” saja. Ada beberapa macam “ Ke-tek “, misalnya ; ke-te-te, ke-pe-tek, ke-te-pek atau ke-te-te-te-te. Suara tengah tidak harus panjang atau banyak, yang penting bunyi suaranya “ jelas dan tegas “ serta tidak kabur. Suara tengah yang bagus adalah 2(dua) langkah yaitu : “ke-te” atau “ ke-tek “.

 3.      Suara ujung/belakang.

Suara ujung/belakang/akhiran “ kuuuuung “ yang baik adalah yang menggaung, berat, panjang dan dengan nada menurun ( yang sekarang terkenal dengan istilahnya “ ndlosooorrr “ ). Makin panjang kung-nya, semakin tinggi nilainya. Suara ujung kung ini ada beberapa macam misalnya ; kuuuuuung, kooooooong atau koooooo.

 4.      Dasar suara.

     Dasar atau latar suara harus lantang ( bisa keras, nyaring, tebal, bedah karang, dsb.), jelas terdengar dan nadanya tidak naik turun.

 5.      Irama.

     Irama atau lagu merupakan keserasian antara suara depan, tengah dan ujung. Suara yang semakin serasi (luwes) dan pembagian ritmenya seimbang, semakin tinggi nilai yang diberikan oleh Juri.

 

             Suara tengah banyak yang disebut dobel, dobel plus, tripel atau bahkan tripel plus, bukan jaminan bahwa suara perkutut itu baik. Semakin banyak suara tengahnya, biasanya semakin lemah suara belakangnya, “ kung “-nya tipis atau bahkan patah.

             Burung yang jalan-4 atau suara tengahnya hanya jalan-2 disebut engkel, juga bisa menjadi juara asalkan nggacor  atau rajin bunyi stabil sampai sekitar 8 kali pantauan juri, koordinator maupun dewan.

            Memang suara engkel beberapa tahun terakhir ini kurang mendapat tempat dihati para Kungmania, orang lebih suka mendengar suara yang jalan-5 (sari), dobel ketek atau triple. Ada sementara pendapat dan menurut aturan P3SI, justru suara jalan-4 atau empat ketukan misalnya : kleo ke-te kooooong merupakan kategori ideal.

            Yang paling penting alunan iramanya teratur, kalem, tidak terburu-buru dan stabil, baik tempo maupun vokalnya. Suara yang kalem didengarkan lebih dapat dinikmati dari pada yang suaranya cepat ( rapet ) dan temponya pendek.

 

            Cara penilaian Juri.

             Penilaian juri pada masing-masing unsur tersebut dinyatakan dalam bentuk angka-angka bulat yaitu : 7 (tujuh) = cukup, 8 (delapan) = baik dan 9 (sembilan) = istimewa untuk menyataan perbandingan keindahan dari tiap-tiap unsur suara.. Penambahan nilai 0.5 pada nilai 8 dapat dibenarkan sejauh hal itu diperlukan dan telah diputuskan lewat musyawarah.

             Pemberian nilai 7, 8, 8.5 dan 9 tersebut merupakan hasil penilaian untuk tiap unsur suara dan setiap unsur suara terdiri dari 3(tiga) kriteria sebagai berikut ini :

1.  Suara depan                :  panjang, mengayun/membat dan bersih.

2.  Suara tengah               :  jelas, bertekanan dan lengkap.

3.  Suara ujung                 :  bulat, panjang dan mengalun.

4.  Irama                           :  senggang/lelah, lenggang dan edi/indah.

5.  Dasar/latar suara          :  tebal, kering dan bening/bersih.

Catatan : tiap-tiap kriteria pada tiap unsur mempunyai nilai max. = 3, sehingga tiap-tiap unsur akan mempunyai nilai max. = 9, jumlah seluruhnya max. = 45.

 

            Arti Bendera Koncer.

             Perkutut baru akan diberikan nilai setelah memperoleh bendera segi-tiga, satu warna berukuran kecil sebagai tanda bunyi. Apabila dalam perkembangannya, nilainya layak ditingkatkan, maka juri memberinya bendera satu warna yang lebih besar yang disebut Bendera Koncer.

             Artinya suara setiap perkutut peserta lomba/konkurs, baru mendapatkan nilai setelah memperoleh bendera tanda bunyi. Untuk membedakan burung yang bunyi di babak pertama, kedua, ketiga dan keempat ( setiap babak selama 35-40 menit untuk piyik dan 45 menit untu perkutut dewasa dengan diselingi istirahat 15 menit antara babak ke-2 dan ke-3 ).

             Warna bendera setiap babaknya biasanya sebagai berikut :

Babak-I           :  Putih.

Babak-II          :  Merah

Babak-III        :  Hijau

Babak-IV        :  Kuning

             Bendera Koncer Satu Warna ( hijau ).

            Setelah mendapat bendera tanda bunyi disetiap babaknya, juri terus memantau perkembangan suara perkutut tersebut. Jika layak ditingkatkan, juri akan memberikan bendera koncer satu warna (hijau) yang berukuran lebih besar dibandingkan bendera tanda bunyi dan ini berarti perkutut tersebut sudah mendapatkan nilai = 42.

            Bendera Koncer Dua Warna ( hijau + kuning diatasnya ).

            Perkutut yang gacor ( bunyi terus menerus ) dan bunyinya semakin bagus, nilainya harus ditambah, asalkan bunyinya minimal empat kali berturut-turut. Sehingga nilainya dapat ditingkatkan lagi, bendera koncer satu warna dicabut dan diganti dengan bendera koncer dua warna ( hijau dibagian bawah dan kuning diatasnya ) dan nilanya menjadi = 42.5.

             Bendera Koncer Tiga Warna ( hijau + kuning + merah ).

            Untuk merubah bendera dua warna menjadi tiga warna yang berarti nilainya = 43, tidak boleh diputuskan oleh seorang juri penilai saja. Prosedur penilaiannya sebagai berikut :

1.         Perkutut sudah berbunyi sekurang-kurangnya delapan kali berturut-turut dan semua unsur suara yang masuk dalam kategori penilaian harus terpenuhi.

2.         Juri penilai mengusulkan kepada koordinator juri untuk ikut memantau suaranya.

3.         Koordinator membubuhkan paraf persetujuan dalam lembar penilaian.

Jika memang perkutut tersebut layak dinaikkan nilainya, maka bendera koncer dua warna dicabut dan diganti dengan bendera koncer tiga warna ( hijau + kuning + merah ).

 

Bendera Koncer Empat Warna ( hijau + kuning + merah + putih ).

Untuk merubah bendera tiga warna menjadi empat warna yang berarti nilainya = 43.5, tidak boleh diputuskan oleh seorang juri penilai saja. Prosedur penilaiannya sebagai berikut :

1.      Perkutut sudah berbunyi sekurang-kurangnya delapan kali berturut-turut tanpa salah dan ,e,enuhi syarat keindahan.

2.      Juri penilai atau koordinator juri mengusulkan kepada koordiantor juri lainnya atau langsung kepada ketua ( dewan ) juri.

3.      Penilaian harus mendapat persetujuan dari dua orang koordinator juri atau seorang koordinator juri dan ketua juri.

Jika memang perkutut tersebut layak dinaikkan nilainya, maka bendera koncer tiga warna dicabut dan diganti dengan bendera koncer empat warna ( hijau + kuning + merah + putih ) dengan gombyok kecil dibagian atasnya.

 

Bendera Koncer Lima Warna.

Bendera Koncer Lima Warna merupakan bendera empat warna ( hijau, kuning, merah dan putih ) ditambah gombyok besar dibagian atasnya yang berarti nilainya = 44.

Perkutut dengan kualitas pas-pasan akan sulit memperoleh bendera lima warna dan untuk mendapatkannya harus memenuhi syarat yaitu :

1.      Gacor 10 kali berturut-turut tanpa salah.

2.      Disetujui seorang juri dan dua orang koordinator.

 Bendera Koncer Lima Warna Plus.

Bendera ini berupa bendera empat warna ditambah gombyok besar dua warna dibagian atasnya, hanya bisa diraih oleh perkutut yang sudah lolos dengan meraih bendera lima warna plus ( satu warna gombyok besar ), diberikan jiak jumlah nilainya telah mencapai = 44.5.

Bendera ini biasanya hanya bisa diraih oleh beberapa perkutut saja, terutama di babak ke-3 dan ke-4 jika memenuhi syarat sebagai berikut :

1.      Perkutut berbunyi 10 kali berturut-turut tanpa salah.

2.      Diusulkan oleh koordinator juri dan ketua dewan juri menyertakan tanda-tangan sebagai pengesahan/persetujuannya.

Bendera Koncer Lima Warna Ping Pong.

Bendera ini adalah yang paling istimewa dan tertinggi dari semua penilaian, berbentuk bendera empat warna ditambah dua warna gombyok besar dan satu bola ping pong dibagian atasnya, diberikan jika jumlah nilainya mencapai = 45.

Pemberian nilai 45 ini sangat jarang bahkan langka, sebab setiap unsur penilaian harus mendapat nilai = 9 ( nilai maksimal ), paling sering total = 44.5 saja. Dan hanya perkutut yang sudah mendapatkan nilai 44.5 yang bisa dinaikkan ke = 45, jika betul- betul layak untuk itu dan harus memenuhi syarat sebagai berikut :

1.      Kualitas suara, irama dan mental perkutut haruslah istimewa.

2.      Disetujui dan disahkan secara bulat oleh seluruh koordinator juri dan ketua dewan juri yang ada.

 

Apabila dalam perhitungan terakhir terjadi nilai draw atau sama, misalnya sama-sama = 44, maka tugas para perumus yang berhak menentukan sang Juara. Berdasarkan peraturan P3SI, pemenangnya adalah perkutut yang memiliki backing nilai tambah dibandingkan lawannya. Misalnya perkutut A pernah mendapat nilai = 44.5 dibabak ke-2, sedangkan dibabak lainnya kurang dari angka tersebut. Sedangkan perkutut B tidak pernah satu babakpun mendapatkan nilai = 44.5, walapun jumlah nilainya sama-sama = 44, maka perkutut A yang berhak menjadi Juaranya.










Komentar Via Website : 2963
membersihkan sisa keguguran
13 Desember 2016 - 11:06:44 WIB
senangnya ilmu semakin bertambah
Distributor resmi QNC Jelly Gamat
19 Januari 2017 - 14:02:48 WIB
situs menarik sangat untuk menambah wawasan kita https://goo.gl/CjOndp
obat tradisional benjolan di vagina
25 Februari 2017 - 14:49:17 WIB
Terimakasih banyak pak admin atas informasinya

https://goo.gl/oV3piw
cara menyembuhkan kista bartholin
19 April 2017 - 10:07:26 WIB
Terimakasih banyak , salam sukses

https://goo.gl/Wb6Z8w
Obat Tradisional Kanker Prostat
18 Mei 2017 - 10:42:35 WIB
terimakasih banyak , ijin menyimak artikelnya pak admin

https://goo.gl/dV54IC
Obat Slimming Capsule Green World
19 Mei 2017 - 08:16:36 WIB
Semangat di jum'at yang penuh berkah | http://goo.gl/0PMxfp -- http://goo.gl/4eNtXQ -- http://goo.gl/RXTMM1 -- http://goo.gl/FV4w7c |
Obat Ganoderma Plus Capsule Green World
23 Mei 2017 - 07:35:33 WIB
Dream, Believe, and Make It Happen > https://goo.gl/g9EFZC -- https://goo.gl/wWbejV -- https://goo.gl/gifWYD <


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)